Langsung ke konten utama

Tips Lamaran Kerja bagi Remaja dan Mahasiswa : Bagian 2




Oke, kita akan melanjutkan tips-tips dalam melamar pekerjaan seperti pada tulisan sebelumnya. Mari disimak


  • Periksa kembali ejaan dan kalimat dalam surat lamaran. Barangkali ada kesalahan ketika kamu menulisnya. Hal ini juga berpengaruh pada poin ketelitian jika kamu terlewatkan. Jadi hati-hati dan teilitlah dalam memeriksa
  • Pastikan kamu mempunyai tanggung jawab dengan mendeskripsikannya pada tulisan. Siapa yang mau memperkerjakan orang yang tidak punya tanggung jawab. Karenanya sebisa mungkin kita meyakinkan pihak HR bahwa kita adalah orang yang memiliki responsibilitas yang tinggi.dan salah satu caranya dengan menulisnya dalam surat lamaran
  • Tulislah bahwa kamu juga memiliki pengalaman yang sesuai dengan pekerjaan sebelumnya. Hal ini memang tidak wajib, tapi alangkah baiknya jika kamu punya pengalaman kerja dengan posisi yang sama pada pekerjaan sebelumnya. Tentu ini menjadi nilai tambah dimata perusahaan karena kamu telah memenuhi tuntutan pada poin “Berpengalaman”. Namun jika kamu tidak punya pengalaman sama sekali atau bahkan ini adalah calon pekerjaan kamu yang pertama, maka jangan khawatir. Kamu bisa memperkuat sugesti pada pihak HRD dengan memperkuat keterangan sesuai poin sebelumnya pada artikel ini.
  • Jangan lupa untuk mencantumkan prestasi atau award. Walaupun kadang prestasi yang telah berhasil kamu raih di sekolah atau tempat kuliah tidak sesuai, namun setidaknya kamu punya kekuatan lebih dibanding dengan yang tidak berprestasi. Cantumkan juga keterangan jika kamu orang yang cerdas dengan IPK yang tinggi. Dengan begitu perusahaan tidak keberatan jika merekrut seorang karyawan yang pintar.
  • Periksa kembali nomor telepon. Cantumkan nomor telepon yang mudah untuk pihak perusahaan menghubungimu. Seperti nomor HP atau nomor yang bisa kamu gunakan. Juga cek secara berkala inbox dalam sms di HP kamu. 


Sekian beberapa tips ampuh yang bisa kami tulis. Semoga dengan ini bisa memberikan kontribusi untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu idamkan. Semoga sukses

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Lamaran Kerja bagi Remaja dan Mahasiswa

Banyak anak muda yang hidupnya sudah mandiri, kalau dilihat mereka mendapatkan hidup seperti itu terhitung sejak mendapatkan pekerjaan dan menerima gaji. Ya memang betul kan, dari titik itu mereka belajar mendedikasikan sebagian waktu dan tenaga mereka untuk bekerja.

Namun bagaimana dengan seorang pelajar atau mahasiwa ? tentu mereka masih punya kesempatan untuk itu. Tidak jarang sebagian dari mereka mengisi waktu senggang dari jam kuliah dengan memanfaatkannya untuk Part-Time Job atau yang biasa dikenal sebagai kerja paruh waktu. Dan jenis pekerjaan seperti itu memang yang salah satu yang paling cocok dengan mahasiswa yang sambil kuliah.

Nah sebelum kamu menyerahkan surat lamaran pekerjaan kepada tempat yang hendak kamu tuju, ada baiknya kamu mempersiapkan informasi dan menulisnya dalam sebuah resume. Hal ini untuk menyajikan prospek seorang calon karyawan.

Latihan untuk mengisi sebuah cv sebelum kamu melamar pekerjaan. Jika kesulitan membuatnya, kamu bisa melihat contoh surat lamara…